Load Balance Tidak Bisa Telepon Whatsapp dan Zoom?

Load Balance Tidak Bisa Telepon Whatsapp dan Zoom?


Load Balance PCC Anda mengalami masalah ketika melakukan aktifitas telepon whatsapp, video call whatsapp, akses zoom meeting? Saya sudah pernah merasakannya kok.. hehe

Lalu kenapa hala tersebut bisa terjadi? Saya bisa tarik kesimpulan gampang, kalau ternyata setingan saya tersebut masih mengalami bottle neck.. Dimana routing voip masih kebingungan menemukan jalan menuju servernya.

Jika ada seting yg lebih mantap dan lebih responsif, dan juga lebih gampang dalam konfigurasinya saya juga mau donk dikasih tau.. 😁

Kembali ke bahasan.. Lalu apa yang saya lakukan dengan setingan saya supaya bisa lancar mengakses layanan berupa voip? Solusinya adalah ROUTING POLICY...!!! 


Dimana saya mengelompokkan ip ganjil dan genap didalam
/ip route rules. Kita tidak perlu lagi mumet dengan tangkap menangkap paket data, kita hanya perlu membuat aturan jika ip “kelompok 1” akan lewat Jalur 1, dan ip “kelompok 2” dilewatkan Jalur 2. 

Kenapa tidak pakai Load Balance NTH saja? Bisa saja sih, cuma hati kecil saya mengatakan kalau NTH tidak adil dalam mengelompokkan ip address ganjil dan genap, maka dari itu jadilah pemimpin yang adil meskipun di dalam rumah tangga..

Lanjut... Dengan manual saya memasukkan ip masing-masing client saya dan membuat “kelompok” ganjil di route rules tadi. Berikut beberapa baris didalam ip-routes-rules

/ip address
add address=10.10.1.2/24 interface=ether1
add address=10.10.2.2/24 interface=ether2
add address=10.5.50.1/24 interface=ether3

/ip rute rule
add src-address=10.5.50.2 action=lookup table=“JALUR_1”
add src-address=10.5.50.2 action=lookup table=“JALUR_2”

dan seterusnya dimana ip genap masuk table JALUR_1, dan ip ganjil masuk table JALUR_2

Routingnya gimana? Saya pastekan juga deh..
/ip route
add gateway=10.10.1.1 check-gateway=ping distance=1
add gateway=10.10.2.1 check-gateway=ping distance=2
add gateway=10.10.1.1 check-gateway=ping distance=1 routing-mark=JALUR_1
add gateway=10.10.2.1 check-gateway=ping distance=2 routing-mark=JALUR_1
add gateway=10.10.2.1 check-gateway=ping distance=1 routing-mark=JALUR_2
add gateway=10.10.1.1 check-gateway=ping distance=2 routing-mark=JALUR_2

Kenapa ada distance 1 dan 2, ketika gateway dengan distance 1 down, maka akan segera dibackup oleh gateway dengan distance 2. Hal ini disebut failover.

Saya rasa rule ini cukup untuk membuat saya tidur dengan nyenyak, setelah 2 hari 2 malam dibuat bingung dengan bermasalahnya voice dan video call whatsapp, maupun zoom.

Anda berminat membangun jaringan internet? Hubungi saja JAGAL LAPTOP!!! Jangan dicopas tanpa ada atribusi ya.. ntar disentil sama malaikat lho..




Ditulis oleh Mas Pay, owner Jagal Laptop dan Bhuana Cahaya Komputama - MALANG

0 comments :

 
Jagal Laptop @2019